Sederhana dalam hidup, Kaya dalam hati

Rabu, 10 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media



KONSEP DASAR NEW MEDIA

Definisi New Media


           Menurut NEA ( National Education Association) berpendapat Media adalah segala benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.


Jadi, New Media menurut saya adalah suatu perantara baru yang menghubungkan informasi kepada penerima informasi atau pengguna yang memakai suatu benda yang dimanipulasi sedemikian rupa agar pengguna dapat menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Pada era modern seperti ini banyak sekali bermunculan teknologi digital, computer, teknologi informasi dan komunikasi yang sebagian besar digambarkan sebagai New Media. Dan di abad ke-20 ini benda–benda yang berhubungan dengan new media sudah menjadi barang primer, yang digunakan setiap hari, dapat digambarkan seperti smartphone, laptop, computer, dan masih banyak lagi, Yang dengan sangat mudah digunakan manusia.


Pandangan New Media

            Menurut pandangan saya, New Media itu suatu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mempermudah penguna informasi mendapatkannya. Dengan new media kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan dan juga menambah wawasan kita. Sebagai contohnya adalah Internet, dengan internet kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan memberi informasi.



Manfaat New Media


Menurut saya manfaat dari new media adalah kita dapat mendapatkan informasi yang kita inginkan dengan sangat mudah, dan juga dapat memberikan informasi. Selain itu, kita juga mendapatkan wawasan baru, teman, pekerjaan, bahkan pasangan hidup. Dengan adanya new media juga kita dapat memperdekat yang yang jauh (facebook). Perlu ditekankan bahwa new media bermanfaat jika kita gunakan dengan benar (positif) jangan sampai kita salah dalam mempergunakan new media.


Komponen-komponen New Media


Komponen dari new media itu ada beberapa bagian yaitu : Produsen atau pembuat , distributor atau penyalur, Konsumen atau pengguna.

Produsen atau pembuat adalah pembuat new media itu sendiri. Produsen disini membuat New Media berdasarkan kebutuhan yang sedang berkembang dalam masyarakat saat ini.

Distributor yaitu sebagai penyalur New Media dari pihak produsen ke pihak konsumen.

Konsumen yaitu sebagai pemakai New Media yang telah jadi dan siap untuk berguna bagi masyarakat. Konsumen inilah yang akan menilai apakah New Media tersebut akan cocok dengan kebutuhan saat ini atau tidak.   


Aplikasi New Media


            Aplikasi new media sangat banyak sekali ada yang berupa news online, jejaring social, video streaming dan masih banyak lagi.

                  

Contoh news online yaitu detik.com, sindo, okezone dll. Contoh jejaring social yaitu facebook, twitter, google+ dll. Contoh video streaming yaitu youtube dll. Diantara aplikasi diatas yang paling sering digunakan sebagai new media adalah jejaring social, dikarenakan mudah dalam pengguanaannya, tanpa harus download dan cepat update informasinya.

Kekurangan dan Kelebihan New Media


            Menurut saya, New media juga ada kekurangannya yaitu harus terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan informasi, banyak produsen atau pembuat informasi member informasi palsu, banyak juga yang menyalah gunakan new media sebagai sarana kejahatan.

            Selain kekurangan, new media juga ada kelebihan yaitu minimalis, dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, dapat menambah wawasan baru, dapat menambah informasi baru, menambah pertemanan, memberikan hiburan,. Sekali lagi perlu ditekankan new media akan bermanfaat jika digunakan dengan cara yang benar (positif).


Referensi :


0 komentar:

Posting Komentar